PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Libur Panjang, Ribuan Pelajar Manasik Haji di Engku Putri

Posted on: Maret 20, 2008

naik-haji.jpg

BATAM-Libur panjang yang berlangsung sejak hari ini Kamis (20/3) dimanfaatkan ribuan pelajar SD,SMP dan SMA se Kota Batam untuk mengikuti festival manasik haji. Festival manasik tersebut berlangsung di dataran Engku Putri, Batam Centre. Alun-alun atau taman kota yang berada persis di depan Kantor Wali Kota Batam.

Jika dilihat dari posisi berdiri yang lebih tinggi, tempat itu tak ubahnya seperti padang Arafah. Ribuan orang berdiri memakai baju ihram serba putih. Di tempat tersebut juga berdiri miniature Ka’bah, lengkap dengan balutan kaitan hitam seperti bangunan Ka’bah yang ada di Makkah.

Iman Imbalo Sakti, penanggungjawab sekaligus koordinator acara, festival tersebut sedikitnya diikuti 8 sampai 10 ribu orang pelajar. Jumlah sebanyak itu berani ia klaim karena, yayasan pendidikan Hang Tuah saja, mengerahkan pelajarnya lebih kurang 1.000 orang. Peserta dari luar, 1 (satu) grup minimal 26 orang.

klik memperbesarDan dari loket pendaftaran peserta di tangan panitia, festival tersebut di ikuti 6 SMA/MAN, 16 SMP/Mts, 72 SD, serta 46 lembaga pendidikan pra sekolah tingkat TK. Kegiatan ini dinilai oleh 20 orang dewan juri, dan hal hal yang dinilai antara lain kefasihan bacaan, keseragaman dan kekompakan tim, serta keteraturan dalam mengikuti alur pada proses pelaksanaan ibadah haji atau umrah.

” Peserta terbaik pada festival ini akan diberi hadiah berupa piala tetap, serta piagam penghargaan yang disumbangkan Depag Kota Batam,” sebut dia.

Menurut Iman, kegiatan seperti ini sudah berlangsung 9 kali. Ia termotivasi untuk melaksanakannya tiap tahun karena ia ingin pengenalan proses pelaksanaan ibadah haji seperti ini telah diketahui siswa sejak dini.

“Saya cuma ingin membantu meringankan tugas pak Wali dan pak Ria Saptarika mewujudkan slogannya menjadikan Batam sebagai Bandar Dunia Madani,” demikian Imbalo. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: