PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Ini Dia, Kronologis Pembangunan Tempat Sampah di RT 04 Perumahan Cendana Batam Kota

Posted on: Februari 6, 2008

penyuluhan-fogging1.jpgNovember 2007; Warga RT 04/RW 23 Perumahan Cendana berkumpul di Pos Ronda RT guna mengikuti pertemuan dengan agenda pokok penyuluhan pelaksanaan kegiatan fogging/pengasapan nyamuk malaria dan demam berdarah, serta membahas rencana membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Pada pertemuan itu, tawaran mendirikan TPS di sekitar pos ditolak sebagian warga dengan beragam alasan, diantaranya bau, jaraknya terlalu berdampingan dengan pos ronda, dan takut tidak terpelihara sehingga merusak pemandangan. Namun akhirnya, warga setuju, dan mengizinkan TPS bantuan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (KLH-RI) tersebut dibangun dengan catatan, bangunan yang didirikan tidak mengurangi nilai estetika pemukiman warga. Setelah pertemuan rampung, pengurus RT melapor ke lurah Belian, Azlan Mastar. Lurah Belian lantas meninjau lokasi pembangunan TPS tersebut, dan merekomendasikan agar warga mengawasi pelaksanaan pekerjaan tersebut.

tps-baru.jpgNopember 2007 : Pihak kontraktor pemenang tender pembangunan TPS di Dinas Pasar dan Kebersihan, mulai bekerja membangun satu unit TPS bantuan pemerintah di sekitar kawasan RT 04 Perumahan Cendana. Sesuai janjinya kepada para pengurus RT 04 Perum Cendana Tahap V, TPS tersebut rampung dikerjakan sebelum tanggal 14 Desember 2007.

Januari 2008 : Fisik bangunan selesai dibangun. Proses pengerjaan bangunan ukuran 3×4 meter itu tinggal pemasangan pintu TPS. Akibat pintu belum rampung, warga tanpa sepengetahuan pengurus RT 04, telah memobilisasi sampah ke dalam TPS yang sudah dicat warna kuning dan hijau. Sesuai jenis cat, kotak TPS warna kuning dikhususkan bagi pembuangan sampah basah, sementara hijau di khususkan untuk membuang sampah kering yang memiliki nilai ekonomi.

tps11.jpgAkhir Januari 2008 : Ketua RT 04 Perumahan Cendana Tahap V, Sugeng Riyanto menelpon kontraktor pemenang tender. Intinya, minta proyek TPS tersebut segera dirampungkan pengerjaannya. Namun dalam beberapa minggu, permohonan tersebut masih diabaikan.

31 Januari 2008 : Saat launching pemakaian jaringan hotspot di dataran Engku Putri, pengurus RT 04 Cendana menceritakan kepada Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika prihal belum rampungnya pengerjaan proyek pembangunan TPS di RT 04 oleh kontraktor pemenang tender. Wakil Walikota, Ir Ria Saptarika kecewa ketika menyaksikan dokumen foto TPS yang disajikan pengurus RT pada situs www.cendanabatam.wordpress.com

tps5.jpg1 Februari 2008 : Warga melaporkan kepada Lurah Belian, Azlan Mastar bahwa penyelesaian proyek pembangunan TPS di RT 04, kondisinya memprihatinkan. Proyek belum rampung, dan terkesan diabaikan. Atas laporan tersebut, Lurah Belian Azlan Mastar berjanji menemui kontraktor pemenang tender untuk mencari tahu alasan keterlambatan penyelesaian pekerjaannya itu.

1 Februari 2008 : Saat penyampaian hasil penilaian pertama pemantauan Adipura 2008 yang dihadiri Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Drs Azwan memanggil Heriman, AK– mantan camat Lubuk Baja-Batam– menjelaskan alasan tidak selesainya pekerjaan pembangunan TPS di RT 04 Perumahan Cendana Tahap V hingga berakhirnya penanggalan bulan Januari 2008. Pada saat itu, ia memerintahkan agar pimpinan proyek tersebut segera memanggil kontraktor pemenang tender, dan meminta dia segera menyelesaikan pekerjaannya yang masih tertunda.

Sekadar informasi, Perumahan Cendana tahap I s/d 6 termasuk salah satu kawasan pemukiman penduduk di Kota Batam yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai salah satu kawasan yang menjadi objek penilaian untuk mendapatkan piala Adipura 2008, kategori kota besar di Indonesia.

tps2.jpg4 Februari 2008 : Kontraktor pemenang tender kembali melanjutkan pekerjaannya yang masih tersisa yaitu memasang daun pintu TPS yang masih terbengkalai. Namun, pintu terpasang, kondisi pengerjaannya terkesan asal-asalan. Warga kecewa dan berniat memperbaiki kembali pekerjaan kontraktor tersebut.

6 Februari 2008 : Ketua RT 04, Sugeng Riyanto telah menunjuk seorang tukang untuk memperbaiki TPS yang tidak sesuai harapan warga tersebut. Rencananya biaya renovasi diambil dari dana kas RT. Fokus pekerjaan yang akan diperbaiki adalah merapikan pemasangan pintu yang asalan tadi. (*)

2 Tanggapan to "Ini Dia, Kronologis Pembangunan Tempat Sampah di RT 04 Perumahan Cendana Batam Kota"

Pak, Kapan TPS nya bisa digunakan??? ^_^

Terimakasih atas pertanyaan Anda

TPS yang dibangun pada RT 04 rencananya akan di operasikan dalam waktu dekat. Untuk info selanjutnya, silakan bapak menghubungi pak Sugeng, Ketua RT 04, karena beliau sudah menyiapkan kunci TPS. Biaya penggandaan, satu kunci Rp3 ribu rupiah.

TPS terpaksa kita kunci, karena kemarin sebelum beroperasi, setengah kota TPS, penuh dengan serakan sampah yang sudah berulat-ulat, karena diacak oleh pemulung.

Beritahukan juga info ini kepada warga lainnya

Salam

Isel (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: