PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Ria Saptarika : Komunitas IT di Batam Sudah Sampai ke Tingkat RT

Posted on: Januari 31, 2008

ria-saptarika.jpgPEMERINTAH Kota Batam bekerjasama dengan PT Telkom Riau Kepulauan, Kamis (31/1/2007) melaunching pemakaian layanan akses internet secara gratis di taman Engku Putri di Batam Centre. Sasaran apa yang hendak dicapai Pemerintah dengan penyediaan area akses informasi di area publik tersebut? Berikut wawancara kami dengan sang inspirator, wakil wali kota Batam, Ir Ria Saptarika usai peresmian.

Redaksi (R): Apa sasaran yang hendak dicapai melalui program ini ?

Wakil Wali Kota : Sasaran kita ingin mengembangkan tekhnologi informasi di tengah masyarakat dengan mengusung konsep Batam Cyber City. Ini memungkin dilakukan karena sesuai indeks, pengetahuan tekhnologi internet masyarakat kita sudah cukup baik. Dari laporan PT Telkom Riau Kepulauan, pertumbuhan para pengguna jasa akses internet di wilayah kita termasuk pengakses terpadat dan tertinggi di Indonesia. Artinya ini peluang. Dan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memajukan kawasan ini sebagai kawasan emas dengan basis IT ( tekhnologi informasi). Harapan kami, kebiasaan berinternet warga ini harus terus membudaya.

R : Apa yang melatarbelakangi Anda untuk menyediakan titik Hotspot di Engku Putri?

Wakil Wali Kota : Selain mengacu ke program kerja, saya ingin memberikan warna tersendiri dalam mengembangkan fasilitas umum di perkotaan sesuai perkembangan zaman. Dasar pemikiran saya sederhana saja. Pengetahuan masyarakat atas teknologi informasi harus diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang baik oleh pemerintah. Salah satu bentuknya, menyiapkan jaringan hotspot di area bermain bagi seluruh warga kota. Rencana kedepan, kami ingin mengajak provider-provider lainnya selain PT Telkom Riau Kepulauan, misalnya Telkomsel dan Indosat, mau bersama-sama merealisasikan langka serupa, yaitu menyediakan hotspot gratis pada sejumlah taman kota yang dibangun Pemko Batam. Diantaranya taman Inspirasi dan taman kolam seberang kantor DPRD dan Graha Pena Batam Centre.

R : Apa Sebenarnya Yang Menjadi Target Pemerintah Dalam Penyiapan Taman internet Engku Putri?

Wawako : Target kita pelajar dan mahasiswa. Kenapa, karena mereka tidak memiliki dana yang memadai untuk selalu masuk ke warnet atau cafe. Dengan penyiapan akses seperti ini, tentu membantu mereka. Selain itu, penyediaan tempat seperti ini bertujuan untuk mengakomodir kepentingan komunitas IT di Batam. Saya harapkan sekolah-sekolah atau kampus, bisa sudah memberi tugas-tugas yang bernuansa IT, sehingga tanpa harus bayar mereka bisa mengerjakan tugasnya di taman internet Engku Putri ini. Disini free.

R : Bagaimana Kondisi Komunitas-komunitas IT di Batam

header.gifWawako : Kalau itu sebenarnya sudah banyak di Batam dan saya selalu berhubungan dengan mereka. Ada pelajar, ada masyarakat umum, ada bahkan komunitas itu di tingkat RT. Mereka bikin milis dan weblog untuk masyarakat, dan disanalah mereka saling berkomunikasi. Seperti saya katakan di awal, masyarakat Batam itu termasuk dalam kategori pengakses dan pengguna internet tertinggi di Indonesia.

R : Ada Rencana Pemko Melakukan Pertemuan Dengan Mereka?

Wawako : Kalau Tahun 2007 lalu, kita 3 kali melakukan pertemuan dengan mereka. Mengundang komunitas ini dan perusahaan yang berbasis IT. Bahkan kita memberi mereka pelatihan gratis, melibatkan perusahaan besar seperti Linux. Kondisi itu kita rancang karena kita sadar kegiatan pelatihan seperti itu biayanya cukup besar.

R : Apa Harapan Anda Atas Penyediaan Layanan Akses Internet Gratis di Engku Putri ?

Wawako : Kita berharap fasilitas yang kita sediakan bersama PT Telkom Riau Kepulauan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dalam memanfaatkan jaringan akses yang tersedia. Karena layanan ini dioperasikan selama 24 jam, harapan kami gunakanlah untuk mengetahui hal-hal positif yang memberikan manfaat. Artinya, tidak mengakses sesuatu hal yang tidak memberikan pengetahuan apa-apa bagi penggunanya. Ini penting saya sampaikan mengingat tempat ini disediakan bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat secara keseluruhan. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: