PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Warga Diimbau Wali Kota Isi dan Serahkan Formulir SIAK Plus Sampai 21 Februari 2008

Posted on: Januari 23, 2008

klik memperbesarklik memperbesarklik memperbesarBATAM- Pemerintah Kota Batam kembali memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah menerima blanko atau formulir pencatatan database kependudukan (NIK) nasional,  segera mengisi dan mengembalikannya lagi kepada ketua RT/RW terdekat. Batas waktu pengembaliannya dipatok sampai dengan tanggal 21 Februari 2008.

Demikian Imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 470/1551/SJ, yang kemudian dituangkan dalam Surat Imbauan yang ditandatangani Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Nomor 054/TAPEM/I/2008 yang ditandatangani tanggal 22 Januari 2008, dan surat tersebut telah diedarkan sejak kemarin, Rabu (24/01/08).

“ Ini kesempatan kedua. Tolong imbauan ini diperhatikan,” sebut Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri sebagaimana mengutip penjelasan lisan wali kota dan wakil wali kota Batam.

Lantas bagaimana dengan nasib masyarakat yang belum mendapatkan blanko yang akan diisi dan di kembalikan?

Menurut Kabag Humas Pemko Batam, warga yang belum menerima blanko/formulir pendataan melalui RT, diharapkan segera mengambil formulir ( F-1.01 dan F-1.01.X1) yang disiapkan pada kantor lurah tempat tinggal masing-masing.

“ Untuk mendapatkan formulir tersebut, sebaiknya jangan menunggu diserahkan ketua RT. Langsung saja datang ke kelurahan, isi lantas kembalikan lagi kesana. Kalau tak dihiraukan, itu bukan kesalahan kami lagi,” ungkapnya.

Berdasarkan surat edaran menteri dalam negeri tentang petunjuk penyiapan data kependudukan, Pemerintah Kota Batam telah melakukan kegiatan validasi data kependudukan Kota Batam pada bulan Oktober sampai Desember 2007.

Tujuan kegiatan tersebut untuk menyiapkan database kependudukan berbasis NIK Nasional, yang kegunaannya melayani kepentingan warga dalam mendapatkan pelayanan kebutuhan pelayanan kependudukan, dokumen dan data statitistik kependudukan Kota Batam. 

Disamping itu, data tersebut juga menjadi acuan pada persiapan pemilu legislatif, pemilu pemilihan presiden/wakil presiden tahun 2009, dan atau Pilkada. Selanjutnya data tersebut, akan dimasukkan dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilu (DP4) sebagai bahan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Sebagai informasi awal, sebaiknya hal-hal yang belum jelas terkait dengan kegiatan pendataan ini di tanyakan pada kantor lurah. Dan sesuai arahan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Batam, semua lurah di Kota Batam di minta menyebarkan informasi ini kepada warga. Ini merupakan pekerjaan kita semua, dan outputnya terkait dengan hasil penilaian kinerja lurah atau camat,”  demikian Yusfa Hendri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: