PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Sabtu, Walikota Lakukan Penanaman Pohon di Depan Edukits

Posted on: Januari 18, 2008

BATAM : Semangat Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menghijaukan Batam dengan melakukan gerakan “Batam Menanam”  patut ditiru semua warga termasuk para camat, lurah, ketua RT atau RW se Kota Batam.

Buktinya, setelah mendorong kaum hawa melakukan gerakan perempuan menanam pada desember 2007 lalu, memasuki pertengahan bulan Januari 2008, ia kembali turun kelapangan untuk mengajak warga serta pegawai Pemko Batam melakukan penanaman pohon penghijauan  esok, Sabtu pagi (19/1) pukul 07.30 Wib, di depan Toko Edukits,  Batam Centre. Program ini diselenggarakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.

“Gerakan ini gerakan moral. Kita semua warga Batam bisa turut serta, karena aksi ini merupakan aksi kita untuk kita,” sebut Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri, S.Sos, Jum’at sore (18/1).

Kenapa lokasi penanaman harus dilakukan di depan Edukits?  Soal ini Yusfa menyebutkan bahwa dipilihnya kawasan row jalan depan Edukits sebagai lokasi tanam, karena jalan tersebut merupakan jalan utama yang dapat di akses dari berbagai sudut kota. Bulan desember lalu, aksi penanaman dilakukan di depan kantor cabang Bank Riau, Jalan Laksamana Bintan Sungai Panas.

Disamping itu, kawasan tersebut juga termasuk sebagai salah satu kawasan badan jalan yang dalam perencanaan tata ruang, di sulap menjadi area hutan kota yang hijau dan rindang.  Sementara jenis pohon yang akan ditanam di wilayah itu jenis pohon Pulai, sejenis pohon langka yang kini tengah gencar-gencarnya dilestarikan pemerintah.

” Sebelumnya, kita sudah membagikan 80 ribu pohon untuk ditanam pada 12 wilayah kecamatan. Pohon-pohon tersebut kita distribusikan ke kelurahan, dan pihak kelurahan yang bertanggungjawab untuk mendistribusikannya ke warga,” terangnya

Gerakan menghijaukan Batam, sudah dilakukan sejak tahun 2003. Dari data Dinas Kelautan, Pertanian dan Perikanan, hampir semua ruas badan jalan di Kota Batam, termasuk sisi kiri-kanan bahu jalan utama menuju ke Pulau Rempang dan Pulau Galang.

“Target kita pada tahun 2015 semua kawasan di Batam ini kondisinya sudah seperti kota dalam taman. Upaya lainnya yang terus kita lakukan yaitu memperindah kota dengan aneka jenis tanaman bunga di jalan utama dan membangun taman kota,” demikian Yusfa Hendri.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: