PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Target Kunjungan Wisatawan ke Batam tahun 2008 Sebanyak 1,2 Juta Orang

Posted on: Januari 8, 2008

41.jpgBATAM  – Seperti di dua tahun sebelumnya, target 1,2 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2007 kembali tak tercapai. Di tahun lalu itu, kunjungan wisman ke Batam hanya sekitar 1,1 juta wisman.

Menurut Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri, tahun 2008 ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam kembali hanya mematok target 1,2 juta kunjungan wisman.

Selama tahun lalu itu, kata Yusfa, turis terbanyak yang masuk Batam berasal dari Singapura. Disusul kemudian turis dari Malaysia dan Korea Selatan.

”Hampir separuhnya turis asing yang masuk Batam berasal dari Singapura,” ujarnya.

Sejak tahun 1993, jumlah kunjungan wisman terbesar terjadi di tahun 2004. Tahun 2004, tercatat ada 1.527.216 wisman yang masuk Batam. Jumlah tersebut terus turun, dan kembali membaik di tahun 2007 ini, meski targetnya tak tercapai.

Sebelumnya, Kadispar Raja Mukhsin mengungkapkan, akan menggandeng Batam Tourism Board (BTB) dan travel atau biro perjalanan untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam yang cenderung menurun.

Namun, Mukhsin optimis kunjungan Wisman ke Batam akan naik tahun ini. Menurutnya, Batam akan mendapatkan berkah dari penyelenggaraan balap mobil formula satu (F1) di Singapura, yang akan digelar September 2008.

”Semua hotel di Singapura sudah full booked, saat F1 digelar. Bahkan, kami sudah diundang Singapore Tourism Board, agar Batam bersiap-siap dapat tumpahan penggila F1,” katanya.(med)
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: