PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

RT 04 Adakan Fogging. Sebelumnya Gelar Penyuluhan dan Goro Massal

Posted on: Januari 7, 2008

fogging-rt-1.jpgBATAM KOTA: Sebagai upaya swadaya guna mencegah penularan virus malaria dan demam berdarah terhadap anak-anak dan orang dewasa, pengurus RT 04 Cendana di koordinir pengurus RW 23 melakukan kegiatan pengasapan atau fogging guna membunuh nyamuk dewasa pada hari Minggu 06/01/2008. Sebelumnya sudah terdeteksi sebanyak 7 orang anak masuk RS karena DBD di wilayah RW 23 Perumahan Cendana.

Sebelum pelaksanaan kegiatan fogging tersebut, pengurus RT 04 terlebih dahulu menyelenggarakan 2 kegiatan tambahan. Yaitu kegiatan penyuluhan DBD dan Gotong Royong Massal. Dan pelaksanaan dua kegiatan ini disambut secara baik oleh semua warga yang bermukim di wilayah kerja RT 04.

penyuluhan-fogging1.jpgPelaksanaan fogging di kawasan RT 04 dilakukan secara swadaya oleh warga. Menyewa peralatan fogging milik PT Sucofindo Cabang Batam, setiap warga dikenai iuran Rp 10 ribu/KK. Biaya fogging yang dikenai PT Sucofindo adalah Rp 7.500/KK.

Lantas dikemanakan sisa uang lebih. Usai melakukan kegiatan penyuluhan Sabtu malam minggu (5/1/2007), Ketua RT 04 Sugeng Riyanto menyebutkan, dana sisa sebesar Rp 2.500 akan dimanfaatkan untuk menyubsidi biaya fogging yang dilakukan petugas terhadap rumah kosong di dalam kawasan RT 04. Sisanya, dikembalikan ke kas RT.

Sebenarnya fogging tidak menjamin semua nyamuk dewasa mati. Fogging hanya salah satu strategi guna mengusir nyamuk pembawa virus DBD atau penyakit malaria meninggalkan tempat mereka bersarang, mencari makan dan istirahat.

Langka pencegahan terbaik adalah melakukan 3 M. Yaitu memperbaiki kualitas lingkungan seperti saluran air, semak-semak, atau menguras bak mandi dan mengubur semua jenis barang bekas yang tidak terpakai. 

Jika langka pencegahan ini sudah berjalan baik, minimal dilaksanakan rutin 1 kali dalam satu minggu, kemungkinan nyamuk pembawa virus DBD berpikir ulang untuk istirahat dan mencari makan di wilayah RT 04 perumahan cendana.

Nyamuk pembawa virus DBD bisa terbang dalam jarak 200 meter. Tempat dia beristirahat tidak hanya diluar rumah tetapi juga didalam rumah. Bahkan nyamuk DBD bisa hidup pada dispenser air minum manusia yang tidak rutin dibersihkan pemiliknya.  (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: