PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Kapan Pengasapan DBD di Pemukiman

Posted on: Januari 7, 2008

Pertanyaan

pengasapan.jpgSAAT ini musim penghujan yang diyakini Dinkes Batam, DBD mengancam. Tapi aksi dari Dinkes sendiri seperti pengasapan di pemukiman warga belum tampak. Kapan mulainya ya.

Tanggapan

Menanggapi pernyataan warga melalui SMS di halaman Batam Beres, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Mawardi Badar mengatakan, fogging atau pengasapan hanya dilakukan jika ditemukannya jentik-jentik nyamuk penyebab DBD di satu daerah. Biasanya pengasapan dilakukan setelah ditemukan adanya korban agar DBD tidak menular secara luas.

Intinya, pengasapan bukan pencegahan penyakit DBD, namun pencegahan penularan DBD agar tidak meluas. Sementara untuk mencegah DBD, salah satu kunci utamanya adalah menjaga kebersihan dengan melakukan 3M Plus.

Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi/WC, tempayan, ember, vas bunga, dan sebagainya seminggu sekali. Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong, dan drum. Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik, dan tempurung kelapa.

Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk. Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dan sebagainya. (uma)

1 Response to "Kapan Pengasapan DBD di Pemukiman"

Hallo Pak Mawardi

Diperumahan Cendana RW 23 sudah 7 anak-anak yang masuk RSBK karena DBD. Tapi, tak satupun petugas Jumantik Dinkes atau Petugas Puskesmas di Wilayah Batam Kota yang datang memeriksa jumantik ke tempat kami.

Ketika kami bertanya ke RSBK, pihak Rumah Sakit bilang, data korban sudah mereka sampaikan ke Dinkes. Karena tak kunjung mendapat perhatian, akhirnya kami melaksanakan PSN, Penyuluhan dan Fogging secara swadaya dengan meminta bantuan pihak petugas fogging PT Sucofindo, Minggu 6 Januari 2007.

Mohon Perhatian Anda.

Tertanda
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: