PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Semarak Menyambut Tahun Baru Islam Pada 10 Januari 2008

Posted on: Januari 7, 2008

masjid-raya.jpgBATAM  – Tanggal 10 Januari mendatang, umat Muslim akan menyambut Tahun Baru 1 Muharam 1429 Hijriah. Rangkaian kegiatan telah direncanakan untuk menyambut peringatan tahun baru yang jatuh berdekatan dengan Tahun Baru Masehi 1 Januari 2008.


Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai Rabu (9/1). Sebab, menurut keterangan dari Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Kota Batam Khudri Syam, tahun 1429 H sudah masuk saat petang tanggal 9 Januari itu.

Sebagai pembuka, tepatnya usai salat Zuhur, akan ada muhasabah (perenungan) oleh ibu-ibu majelis taklim se-Kota Batam. Acara ini dilaksanakan di Masjid Raya Batam hingga Asar menjelang.

Usai salat Asar hingga masuknya waktu salat Magrib, akan ada ceramah akbar. Sesuai namanya, ceramah ini dapat dihadiri oleh segenap warga Batam. ”Insya Allah akan diisi Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Pekanbaru Dr Suryan Aljambrah,” kata Khudri.

Sebagai puncak acara, tepatnya usai salat Magrib, diadakan acara zikir bersama. Jika tak ada kendala, zikir yang dapat pula dihadiri segenap warga muslim Batam ini, dipimpin Kyai Yusuf Ridwan.

Jika di bagian awal acara dikhususkan bagi ibu-ibu, di tanggal 10 Januari, anak-anaklah yang mendapat giliran menjadi pengisi acara. Mulai pukul 10.00 WIB, anak-anak ini akan melakukan pawai akbar keliling Masjid Raya Batam dan sekitarnya.

“Kepastiannya, kita akan rapat besok pagi (hari ini, red) di Gedung Pemko,” katanya.

Mengingat di tahun ini setidaknya ada tiga tahun baru yang berdekatan, yaitu Tahun Baru Masehi, Hijriah, dan Imlek, pihaknya mengimbau untuk lebih bijak di masa datang dengan memaknai hijrah sebagai dasar penghitungan Tahun Baru Hijirah. Juga tetap menjaga kerukunan antar umat beragama dan umat seagama.

Hijrah, harapnya, jangan hanya dinilai sebagai perpindahan fisik, tapi juga rohani. ”Dengan begaitu kita akan peka terhadap masalah yang terjadi,” katanya memberi imbauan. (cr6)

Sumber Tulisan: Harian Batam Pos/07/01/08

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: