PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Walikota Gelar Dialog Dengan Kepala Sekolah se Batam

Posted on: Januari 4, 2008

wako.jpgBATAM CENTRE:Memasuki awal tahun 2008, Walikota, Ahmad Dahlan, Jum’at (6/1/2007) mengundang ratusan kepala sekolah di Batam untuk membicarakan arah kebijakan pembangunan sektor pendidikan.

Forum silaturahmi tersebut direspon positif oleh para kepala Sekolah, Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam,Direktur Politehnik Batam dan Ketua OB, Ir Mustofa Wijaya.

“Forum ini sekedar silaturahmi. Saya mengundang Anda semuanya untuk menyatukan persepsi kita dalam menentukan arah kebijakan pemerintah daerah dalam membangun sektor pendidikan. ” terang Walikota, Ahmad Dahlan.

Selanjutnya, Walikota pada kesempatan tersebut tidak lupa mengingatkan agar setiap kepala sekolah dan guru di Kota Batam, segera memperbaiki kualitas individual dalam mengajar, serta memperbaiki sistem manajerial pada sebuah lembaga pendidikan yang dipimpin.

Menurutnya, kedua hal itu mutlak dibenahi mengingat dari sisi jumlah, pemerintah kota Batam pada kebijakan anggaran, terus berupaya memperbaiki sistem pemerataan jenjang pendidikan, kualitas guru, murid, sarana prasarana serta kualitas kesejahteraan guru.

” Output yang diharapkan Pemda dari sektor ini tersedianya SDM yang handal dan siap pakai. Kiblat kita Singapura. Alasannya, mereka tidak punya SDA, sama-sama mengandalkan SDM untuk membangun wilayahnya,” ucap Walikota.

Bicara masalah pemerataan, Walikota menyebutkan, di tahun 2008, Pemko Batam akan lebih konsen membangun SD dan SMP baru di setiap kecamatan di mainland dan hinterland.

Karena masih terkendala soal ketersediaan lahan, didalam pertemuan yang dihadiri Ketua OB, Ir Mustofa Wijaya itu, Walikota menyebutkan bahwa pada perubahan Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang Kota Batam, fokus pembahasan ruang wilayah, area untuk lokasi sekolah baru mendapat tempat yang diprioritaskan.

“Dari sisi perencanaan, mulai 2008, setiap sekolah yang akan di bangun Pemko Batam bangunan lantai III. Ini program khusus untuk mengimbangi keterbatasan kita mendapatkan lahan yang luas untuk mendirikan sekolah-sekolah baru,” sebutnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa sejak tahun 2007 lalu, Pemko juga menyiapkan 3 buah asrama untuk tempat tinggal anak-anak yang bersekolah di SMU Belakangpadang, Pulau Buluh dan Pulau Galang.  “ Bagi anak pulau yang sekolah di kota, mereka kita sewakan rumah tinggal,” terangnya.

Pada pertemuan ini, waktu yang tersedia juga menjadi ajang “curhat” para Kepala sekolah di hinterland dan mainland. Masalah yang mereka sorot, diantaranya soal bantuan operasional sekolah, sistem penerimaan siswa baru melalui sistem online, hingga  masalah pengangkatan PNS bagi guru TK se Kota Batam.

“Selama ini telah terjadi ketimpangan dalam perekrutan PNS untuk guru SD sampai SMU dengan pengangkatan guru TK. Sebab dari 1000 orang jumlah guru TK yang tersebar di Batam,  hingga penerimaan CPNS 2007 kemarin, guru TK yang baru mengantongi status PNS baru 27 orang. Kami minta ini juga diperhatikan,” sebut salah seorang kepala sekolah TK Pembina II Kartini Batam.

Sementara dari pihak penyelenggara pendidikan tinggi,  Direktur Politeknik Batam, Ir Priyo Eko Santoso meminta Pemko Batam turut memperhatikan kemungkinan di alokasikan dana APBD Kota Batam untuk menyubsidi kegiatan perkuliahan mahasiswa di Politeknik Batam.

“Selama ini, subsidi yang kami terima berasal dari OB. Memang ini bukan tanggungjawab daerah. Tetapi, untuk pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan, kami butuh bantuan dana operasional untuk menyiapkan tenaga trampil siap pakai di Poltek Batam,” terang Direktur Politeknik Batam, Ir Priyo Eko Santoso,MSc.

Menanggapi saran dan masukan tersebut, Walikota menjanjikan, bakal menyiapkan waktu khusus untuk mengupas secara tuntas persoalan yang tengah dihadapi guru TK dan para Rektor perguruan tinggi di Batam. Pertemuan ini sesuai arahan Wako, minta difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Batam. (*) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: