PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Batam “Balas” Kembang Api Singapura

Posted on: Januari 1, 2008

kembang-api.jpgBATAM CENTRE – Berbeda waktu sejam, Batam “membalas” suguhan kembang api Singapura dalam pesta pergantian tahun 2007 ke 2008. Sebelumnya, pada pukul 23.00 WIB atau 00.00 waktu Singapura, selama delapan menit kembang api di Marina Bay dan Harbour Front, dapat diamati di beberapa sudut Batam, seperti Tanjungpinggir, Pantai Marina dan Batuampar yang berjarak sekitar 20 km.

Di Batam, pesta rakyat dengan panggung musik dan kembang api berlangsung di Dataran Engku Putri yang juga dijadikan puncak perayaan HUT ke-14 Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Batam. Kembang api di alun-alun dekat kantor Pemkot Batam menyemarakkan langit sekitar 20 menit sekaligus menandai peresmian logo Visit Batam 2010. Dari 1.100 tembakan, banyak di antaranya mencapai 250 meter, melampaui menara Masjid Raya Batam Centre.

4.jpgMenurut Kahumas Pemkot Batam, Yusfa Hendri, pertunjukkan di awal 2008 dibuat spektakuler hingga dapat diamati pula di Singapura. Selain untuk hiburan rakyat, atraksiĀ  ini akan berlanjut diselenggarakan pada setiap akhir tahun sebagai salah satu atraksi bagi wisatawan.

Tahun depan, lanjut Yusfa, Pemkot Batam akan melibatkan asosiasi perjalanan wisata dan perhotelan untuk mendatangkan turis asing setelah pada Malam Tahun Baru 2008 pun hadir rombongan turis asal Taiwan. Total pembiayaan mencapai Rp 650 juta dan Rp 160 juta di antaranya untuk kembang api. “Dananya bukan dari APBD, melainkan dari para sponsor yang dikelola pelaksana acara,” katanya.

Hiburan rakyat itu menyedot ribuan warga Batam. Mereka berduyun-duyun ke lokasi, membuat jalan raya di sekitarnya padat dan mobil harus berjalan lambat terutama pada sejam sebelum pukul 00.00. “Orang Batam tak perlu menyeberang ke Singapura kalau sekadar untuk menyaksikan semarak kembang api,” ujar Yusfa.

Warna-warni kembang api juga menyemarakkan langit di Pantai Marina Tanjung Riau, kawasan bisnis Nagoya, Costarina Batam Centre, dan di Hotel Vista. Hotel tersebut berada di punggung bukit dan berpemandangan lepas ke arah Simpang Jam dan Batam Centre. Bagi warga yang sekadar ingin menyaksikan suasana kemeriahan kota di ketinggian, satpam hotel itu di gerbang masuk menawari dua minuman dalam kaleng sebagai imbalan bagi warga Batam yang membayar tiket Rp 20.000. (ANT/IMA)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: