PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Memilah Sampah Rumah Tangga

Posted on: Desember 8, 2007

kereta-sampah.jpgSETIAP hari manusia menghasilkan sampah, baik berupa sampah yang dibuang di rumah tangga, lingkungan fasilitas umum – seperti alun-alun dan pasar maupun sampah industri – yang bermacam-macam bentuk dan jenisnya.

Sampah jika tidak diurus dan dikelola dengan baik dapat menyebabkan masalah lingkungan yang sangat merugikan. Sampah yang menumpuk dan membusuk didekat tempat hidup manusia dapat menjadi sarang kuman dan binatang – yang dapat mengganggu kesehatan manusia baik badan maupun jiwa, serta mengganggu estetika lingkungan karena terkontaminasi pemandangan tumpukan sampah dan bau busuk yang menyengat hidung.

Bagaimana Mengelola Sampah ?

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperhatikan dalam mengelola tempat sampah rumah tangga / tempat pembuangan sampah pribadi di rumah-rumah, sebagaimana disarankan standar kesehatan :

1. Pisahkan sampah kering – hasil indutsri / non organik ( undegradable material) dengan sampah basah- alami/ organik ( degradable material) dalam wadah plastik. Maksud pemisahan ini karena sampah organik akan membusuk dalam waktu kurang dari 24 jam (tanpa aerasi yang baik ) sehingga jika tergabung dengan sampah an-organik akan menjadikan semua bahan tercemari dan sulit guna di daur ulang sendiri maupun oleh pihak lain.

2. Tempat sampah harus terlindung dari sinar matahari langsung, hujan, angin, dan lain sebagainya.

3. Hindari tempat sampah menjadi sarang binatang seperti kecoa, lalat, belatung, tikus, kucing, semut, dan lain-lain dengan menempatkannya dengan jarak tertentu diatas permukaan lantai,

4. Buang sampah dalam kemasan plastik atau fiber- yang tertutup rapat agar tidak mudah berserakan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu juga memudahkan dalam pengambilan sampah. Jangan biarkan pemulung mengobrak-abrik sampah yang sudah rapi dengan cara memisahkan antara sampah organic ( sisa makanan berupa sayuran dan bahan alami lainnya) dengan sampah an-organik ( plastic, kaca, kaleng)- yang umumnya diburu para pemulung.

5. Tempat sampah harus tertutup aman dari segala gangguan namun mudah dijangkau untuk kepentingan upaya menjaga kebersihan maupun upaya daur ulang sampah melalui pengomposan.

Terbatasnya informasi dan pemahaman masyarakat akan perbedaan sampah organik dan an-organik, tempat sampah harus disertai dengan keterangan daftar nama dan gambar yang memudahkan semua lapisan masyarakat – termasuk anak-anak belajar membedakan kedua jenis sampah tersebut.

Tempat Sampah Terpilah BerSeka ini menyajikan semua kepentingan standar kesehatan diatas sehingga layak dimilki semua keluarga yang mendambakan kesehatan keluarga.

(sumber: http://astagfirullah.blogs.friendster.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: