PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Pemko Wacanakan Pengadaan Toilet Mobile

Posted on: Desember 7, 2007

* Kurangnya Fasum Toilet Umum

burdddaaa.jpgBATAM CENTRE-Kurangnya fasilitas umum (fasum) berupa toilet di Kota Batam, menggerakkan niat Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk mengadakan toilet mobile yang bisa ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan masyarakat. Pengadaan toilet mobile ini mengikuti jejak Jogjakarta dan Jakarta yang sudah berjalan dengan maksimal.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Pemko Batam Gintoyono mengaku, pengadaan toilet mobile ini dianggap sangat penting bagi membantu kebutuhan masyarakat saat berada di luar rumah. Mengingat, keberadaan toilet umum di Kota Batam sangat terbatas. Akibatnya, masyarakat kesulitan jika berada dalam kondisi terdesak.

Pengadaan toliet mobile yang akan diikuti dengan adanya truk air bersih ini sebut Gintoyono, tidak akan dibebankan di APBD Kota Batam. Tetapi diumumkan dalam bentuk lelang kepada masyarakat umum. Siapa saja yang berminat, bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pengelola.

“Sistem kerja toilet mobile ini bisa ditempatkan dimana saja. Sesuai dengan keberadaan masyarakat banyak. Cocok sekali di kawasan Jodoh dan Nagoya. Atau juga bisa ditempatkan di Dataran Engku Putri. Sehingga ketika ada acara, tidak perlu repot harus ke Kantor Walikota. Letaknya bisa pindah-pindah,” ujarnya kepada Sijori Mandiri di Kantor Walikota Batam, Jum’at (7/12).

Gintoyo menjelaskan, biaya pengadaan untuk satu unit toilet mobile ini diperkirakan mencapai Rp500 juta. Dibuat dengan tiga kamar untuk buang air besar, dan dua kamar untuk buang air kecil. Untuk tahap pertama, dua unit toilet mobile dianggap sudah sangat mencukupi.

Dengan tidak dibebankan ke APBD Kota Batam alias diserahkan ke masyarakat, untuk setiap pemakaian fasum toilet mobile tersebut bisa dikenakan dengan penarikan retribusi. Dimana untuk buang air kecil, ditetapkan sebesar Rp500 per orang dan untuk buang air besar ditetapkan Rp1.000 per orang.

Namun hingga saat ini tambah Gintoyono, wacana pengadaan toilet mobile ini memang belum diumumkan ke masyarakat untuk bisa mengikuti proses tender. Sebab, dirinya harus melaporkan terlebih dahulu kepada Walikota Batam Ahmad Dahlan. Jika sudah disetujui walikota, maka Pemko Batam akan langsung mengumumkannya secara publik.

“Kalau di Jogjakarta dan Jakarta, semuanya dikelola oleh swasta. Dan keberadaannya memang sangat membantu bagi kebutuhan masyarakat akan toilet umum ini. Kita mengharapkan agar pengadaan toilet umum ini jangan sampai membebankan APBD. Jangan sama sekali. Tetapi peran dari masyarakat yang juga untuk kebutuhan mereka sendiri,” ungkap Gintoyono. (*)

1 Response to "Pemko Wacanakan Pengadaan Toilet Mobile"

Kami spesialis pembuatan mobile toilet dari conyainer rekondisi, hasil produk kami telah digunakan oleh pemkot Tulungagung dan PU Samarinda, saat ini kami sedang melaukan proses PO dan pembayaran DP dengan PU Bau-bau.
KARYA DINAMIKA
Kedungturi Permai S-15
Sidoarjo – Jawa Timur
031-71512459
085230068131
email: kardin66@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: