PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Dilarang Buang Sampah Rumah Tangga Dekat Pos Ronda RT 04

Posted on: Desember 6, 2007

cendanan1.jpgKesadaran Warga di Perumahan Cendana atas kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masih terbilang cukup rendah.

Buktinya, beragam jenis sampah rumah tangga yang mereka hasilkan tiap hari dibuang sembarangan ke RT 04 RW 23, Perumahan Cendana Tahap V.

Warga dan Pengurus RT 04,  melalui edaran, sudah melarang warga. Tapi, sampai sekarang larangan itu sedikit saja yang menghiraukannya.

Ironisnya lagi, ketika kesadaran warga RT 04 lumayan baik,  warga dari RT lainnya tidak mendukung. Terutama pemilik warung yang menjual barang kebutuhan harian. Mereka datang ke tempat tersebut, membawa bungkusan plastik lalu membuang sampah mereka pada sembarangan tempat.

9.jpgUntuk melarang perbuatan warga RT lainnya itu, pengurus dan warga RT 04, sudah melayangkan surat kepada ketua RT mereka masing-masing. Tapi, imbauan dalam surat yang diketahui Lurah Belian itu, masih saja mereka abaikan. Padahal, pagi hari, di kawasan ini banyak anak-anak, ibu hamil dan orang dewasa yang tinggal di perumahan cendana mencari udara segar di tempat ini.

Sebagai langka pencegahan, jika kas RT 04 memungkinkan, di tempat ini akan dibangun sebuah Tempat Penampungan Sampah warga, dan area buffer zone yang ditumbuhi semak, akan ditanam tanaman buah. Sekarang, di kiri-kanan badan jalan, pengurus RT 04 sejak 2 tahun lalu, sudah menghijaukan kawasan tersebut dengan tanaman keras seperti pohon jati, mahoni, pohon pulai dan pohon peneduh lainnya.

Sedangkan upaya membangun tempat penampungan sementara (TPS) sampah rumah tangga, di wacanakan sebagai alat untuk mencegah warga membuang sampah di wilayah RT 04, dan untuk menghindari pemulung mencari sampah plastik, sejak jam 5 subuh.

Untuk kegiatan penghijauan pada area buffer zone di sekitar RT 04 Cendana, akan ditanam 100 batang bibit buah dari berbagai jenis. Mulai dari mangga, durian, jambu, belimbing dan lain sebagainya.

cendana5.jpgKegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap keasrian lingkungan, dan keinginan untuk membangun sebuah ruang publik yang ramah lingkungan dan menjadi alat untuk memperkenalkan jenis tumbuhan flora, terutama kepada anak-anak. Selain itu, sebagai alat untuk berintereaksi, serta taman rekreasi yang memiliki nilai ekonomi bagi pemasukan kas RT.

Diharapkan, rencana tersebut didukung semua pihak. Terutama lurah Kelurahan Belian, Camat kecamatan Batam Kota, Pemerintah Kota Batam, Otorita Batam, dan developer PT Cendana Ganda Sekawan yang mengembangkan Perumahan Cendana tahap V (Lima). (*)

4 Tanggapan to "Dilarang Buang Sampah Rumah Tangga Dekat Pos Ronda RT 04"

Saya warga RT 04 cendana sangat setuju sekali adanya larangan membuang sampah yang tidak pada tempatnya seperti di sekitar Pos ronda. Selain merusak pemandangan juga kadang ada bau yang tidak sedap bila ada sampah rumah tangga ikut di buang disitu.
Gotong-royong warga minggu yang lalu juga sangat kompak nampak kegiatan bersih-bersih juga membersihkan selokan yang penuh ‘pasir’ itu.

Jadi kapan gotong-royong ada lagi🙂
Salam buat warga yang ikut mengunjungi blog ini.

Seperti surat undangan ketua RT 04, nomor surat 03/RT/04/RW/23/11/2007, bapak/ibu warga cendana RT 04 diharapkan kehadirannya untuk melakukan gotong royong membuat galian kabel lampu penerangan jalan umum RT, pada hari minggu 9 desember 2007, pada pukul 07.00 Wib s/d selesai. Bagi yang berhalangan harap melapor ke koordinator gang masing-masing. Yang tidak melapor, kena denda Rp 20 ribu….lo….

PENGELOLA WEBLOG

Undangan sudah di terima tadi malam.
Semoga besok minggu tidak hujan
Thanks,

alhamdulillah lampu penerangan jalan sudah terpasang, semoga kita bisa menjaganya bersama2. tapi tiang lampu dipintu masuk malah yang paling jelek, mustinya didepan harus lebih bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: