PORTAL RT PERTAMA DI BATAM

Dinas Kebersihan Kota Batam Bangun 1 TPS Untuk Warga RT 04

Posted on: Desember 8, 2007

aa1.jpgINI sebuah keberuntungan. Ketika warga RT 04 tengah mewacanakan untuk membangun sebuah tempat penampungan sementara (TPS) sampah kering dan basah di wilayahnya, Dinas Pasar dan Kebersihan (DPK) Kota Batam, setelah mendapatkan persetujuan Pengurus RT 04, kini sedang mengerjakan pondasi pembangunan TPS di samping pos RT 04. Proyek TPS ukuran 3×4 itu dibangun tanpa mengeluarkan uang warga sepeserpun.

Terealisasi impian warga RT 04 ini tidak terlepas dari peran pengurus RT 04 melobi kontraktor pemenang tender, sdr Agus. Bak gayung bersambut, Agus selaku kontraktor, mengiyakan permohonan RT 04, dan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebersihan kawasan pemukiman Cendana, ia membangunkan 1 unit TPS di RT 04. Pembangunan proyek TPS itu, Sabtu (8/12) langsung dikerjakan, dan diperkirakan selesai dalam jangka waktu 4 hari kedepan.

Menurut cerita Agus, kontraktor pemenang tender, TPS yang mereka bangun itu memiliki konstruksi fisik yang cukup bagus. Beton bertulang lengkap besi slop,  dinding TPS dibangun dengan menggunakan batu bata merah. Pembangunan 1 TPS diperkirakan menghabiskan dana Rp8 juta.

Soal bentuk, sesuai bestek, TPS dirancang ramah lingkungan. Tiap satu TPS, ada 2 pintu. Pintu pertama untuk memasukkan sampah kering, satu pintu lagi untuk memasukkan sampah basah. Masing-masing pintu, konstruksi  daunnya adalah besi plat.

Bahkan, untuk memudahkan warga membuang sampah sesuai jenisnya, TPS ini akan dicat dua warna. Kuning dan Hijau. Warna kuning untuk sampah kering, sementara warna hijau untuk sampah basah. Sedangkan kapasitas sampah yang bisa ditampung dalam 1 TPS adalah untuk 500 rumah.

Pembangunan TPS ini telah disetujui Lurah Belian, Drs Azlan Mastar. Dia bahkan juga meninjau lokasi pembangunan TPS yang dikerjakan kontraktor, dan menyarankan kepada warga RT 04 untuk dapat memelihara dan memungsikan secara baik dan benar, TPS yang dibangun dengan menggunakan uang pajak rakyat itu. (*)

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: